Italia VS Inggris

Tengah pekan ini perhelatan Liga Champion kembali bergulir. Sistem gugur di perdelapan final menjadi tontonan menarik bagi seluruh penggemar sepakbola di dunia, apa lagi bagi mereka suporter sejati klub yang lolos ke fase ini.



Kejutan muncul tahun ini ketika Man. United, dua kali finalis pada tiga musim terakhir, harus kandas di fase grup. Inggris yang dalam beberapa tahun terakhir ini konsisten meloloskan empat wakil ke fase knock out, tahun ini hanya menyertakan dua wakil saja; Arsenal dan Napoli. Rumitnya, undian mempertemukan kedua tim ini dengan tim dari Italia; AC Milan dan Napoli. Jadilah duel Italia vs Inggris menghiasi fase perdelapan final.

Italia dan Inggris adalah dua penguasa Liga Champion, selain Spanyol tentunya. Tim asal Italia telah memenangi 12 trofi kejuaraan ini. Inggris sendiri punya 11 koleksi. Untuk partai final yang mempertemukan klub Italia vs Inggris, kedua tim berbagi skor 2-2. Dalam lima tahun terakhir, kub dari Inggris sering menjadi momok bagi klub Italia. Berikut data & faktanya:

2011: 1/8 final AC Milan VS Tottenham (agregat 0-1)
2010: 1/8 final AC Milan VS Man. United (2-7)
          1/8 final Inter VS Chelsea (3-1)
2009: 1/8 final AS Roma VS Arsenal (1-1; Roma kalah adu pinalti)
          1/8 final Juventus VS Chelsea (2-3)
          1/8 final Inter VS Man. United (0-2)
2008: 1/8 final AC Milan VS Arsenal (0-2)
          1/8 final Inter VS Liverpool (0-3)
          1/4 final AS Roma VS Man. United (Lupa??)
2007: 1/4 final AS Roma VS Man. United (3-8)
          Semifinal AC Milan VS Man. United (5-3)
          Final AC Milan VS Liverpool 2-1

Peluang Milan & Napoli
Statistik di atas jelas menunjukkan kalau klub Inggris sering kali menjadi batu sandungan untuk lub Italia. Namun jika dicermati, jika klub Italia berhasil melewati hadangan rivalnya itu, maka gelar juara menanti (2007 & 2010). Ini tentunya menjadi peluang bagi AC Milan dan Napoli namun yang harus selalu diingat dalam sepakbola apa pun bisa terjadi. Masih ada 12 kontestan lain dan kita tentunya berharap kalau tim favorit kita melangkah hingga ke partai puncak lalu menjadi juara. Saya sudah punya tim jagoan untuk ajang ini, kalau kamu???

*Italia lebih dulu disebut pada judul posting bukan krn saya mengunggulkannya, namun karena AC Milan & Napoli yang menjadi pertama kali menjamu Arsenal & Chelsea

2 komentar:

Fajrin Thamrin

tapi kemarin arsenal kalah :(

Posting Komentar

Return top