Indonesia Kapan?

Sy penggemar film horror, utamanya horror asia. Ringu, The Eye, 4Bia, Coming soon, Alone, Ju-on, dan beberapa judul lain mgkn sdh tak asing bagi mereka yg doyan nntn film horror. Dari judul tersebut, favorit sy adalah Ju-on dan Ringu. Amrik kemudian mengadaptasi kedua film dari Jepang ini dalam film The Ring untuk Ringu dan The Grudge yang idenya berasal dari film Ju-on. Film Jepang lain yg diadaptasi oleh amrik antara lain One Missed Call dan Dark Water. Belakangan menyusul film dari Hongkong yakni The Eye (film remakenya dibintangi oleh aktris cantik Jessica Alba) dan film Thailand, Shutter. Biasanya sich film remake amrik masih kalah bagus sm yg orisinil namun tetap digemari.Untuk film dalam negeri sy suka Pocong 2 dan Tusuk Jelangkung. Film ini sy anggap lumayanlah daripada film lain yg sejenis.


Indonesia mgkn surganya untuk cerita-cerita mistis. Dari saat anak-anak sdh bnyk cerita-cerita mistis yg sy dengar (saksikan langsung sich blm). Pocong, Kuntilanak, Sundel Bolong, dkk adalah beberapa contoh. Belum lagi setan lokal dari tiap daerah. Dan akhirnya satu per satu film horror bermunculan, baik yg terinspirasi dari setan atau hantu tersebut atau membuat konsep sendiri. Jelangkung, kafir, Tusuk jelangkung, The Soul, terowongan casablanca, lewat tengah malam, Titik Hitam, Mirror, Hantu Jeruk purut, dan masih bnyk lagi. Namun seperti yg sy katakan sblmnya, cuma Pocong 2 dan Tusuk Jelangkung yg sy anggap cukup menegangkan saat ditonton. Yang lain mgkn biasa sj, jauh dari kesan takut, seram, dan ketegangan selayaknya rasa yg muncul ketika menonton film horror Jepang.

Belakangan muncul film-film bertema horror komedi atau bahkan horror jorok, yg menurut anggapan sy, justru makin merusak citra film horror di Indonesia. Hantu Jamu gendong, Pocong Juga Pocong, Sumpah ini Pocong, dan sepertinya akan makin bnyk lagi judul sejenis. Jauh dari konsep seram menurut sy, justru adegan-adegan yg agak porno lebih ditonjolkan. Dalam film Sumpah Ini Pocong, terlihat Pocong yg "panas dingin" karena mengintip Julia Perez lagi mandi. Menjijikkan, gak masuk akal. Mgkn bnyk yg beranggapan seperti sy tp pasti ada juga yg kontra.

Sy pikir bnyk pecinta film horror di Indonesia. Yach mgkn akibat cerita dari orangtua dulu yang hanya ingin agar anaknya takut keluar rumah namun justru rasa ingin tahu yg makin besar. Harapannya thn depan muncul film horror butan anak negeri yg lebih dari Pocong 2 dan Tusuk Jelangkung. Tdk mustahil kan kalau suatu saat cerita mistis dari Indonesia diadaptasi. Jepang, Korea, Hongkong, bahkan Thailand sudah. Indonesia kapan?

2 komentar:

Mevi

film horor? hiii.. mending nonton dirumah aja jadi bisa ngibrit kalo ketakutan. hehehe..

Unknown

film horror indonesia paling biasanya isinya sek

Posting Komentar

Return top