Inter vs Bayern; Siapa Berjaya?

Final Liga Champion tahun ini mempertemukan Inter Milan (Italia) vs Bayern Munich (Jerman). Tahun ini Santiago Barnebeu (Madrid) mendapat kehormatan menjadi venue kejuaraan antarklub Eropa ini. Sebelum menyaksikan partai ini, ada beberapa data fakta menarik seputar pertandingan ini



Koleksi gelar. Bayern mengoleksi empat gelar dari tujuh kesempatan bermain di final sedangkan Inter berhsil meraih dua gelar dari empat kali tampil di partai final. Atas keberhasilan itu, Bayern menjadi satu dari lima tim yang berhak memakai Emblem "UEFA Badge of Honour" pada lengan kostum mereka.

Final terakhir. Penampilan terakhir Bayern adalah ketika berhasil menaklukkan Valencia (Spanyol) pada tahun 2001 di Milan. Inter sendiri terakhir lolos ke final pada tahun 1972 saat dikalahkan Ajax (Belanda) di Rotterdam.

Pengalaman di Eropa. Untuk urusan yang ini Bayern jelas lebih unggul. Bersama Ajax, Juventus (Italia), dan Barcelona (Spanyol), Bayern mendapat penghargaan dari UEFA setelah sukses meraih Liga Champion, Piala Winner, dan Piala UEFA (sekarang bernama European League). Inter terakhir tampil di final pada tahun 1997 saat mereka ditaklukkan oleh tim Jerman lainnya, Schalke 04 di ajang Piala UEFA.

Perebutan treble. Setelah meraih gelar double pada kompetisi domestik (Liga dan Piala), keduanya berebut untuk meraih treble winner.

Italia vs Jerman. Ini final ketiga antara tim Italia dan Jerman. dimana Jerman selalu unggul pada dua pertemuan sebelumnya. Pada tahun 1997 Juventus takluk dari Dortmund 1-3 di Munich. Sebelumnya pada tahun 1983 lagi-lagi Juventus takluk dari Hamburg SV 0-1. Secara keseluruhan klub-klub Italia telah meraih sebelas gelar Liga Champion, unggul jauh dari Jerman yang meraih enam gelar.

Mourinho vs Van Gaal. Kualitas kedua pelatih tak perlu diragukan lagi. Keduanya telah merasakan gelar Liga Champion. Mourinho bersama Porto (Portugal) pada tahun 2004 sedangkan Van Gaal membawa Ajax juara pada tahun 1995 dengan mengalahkan tim sekota Inter, AC Milan. Keduanya bersaing untuk menyamai rekor Ernst Happel dan Otmar Hitzfield yang berhasil menjuarai Liga Champion dengan dua klub berbeda. Menariknya, Mourinho adalah asisten Vaa Gaal saat menukangi Barcelona pada akhir tahun 90-an.

Penyisihan grup. Keduanya tertatih-tatih pada fase penyisihan grup dan lolos ke babak berikutnya dengan status runner up grup. Bahkan mereka harus berjuang hingga partai terakhir untuk memastikan diri lolos ke babak knock out.

Road to Final. Inter menyisihkan Chelsea pada babak perdelapan final sebelum menaklukkan sang juara bertahan Barcelona pada babak semifinal. Bayern melenggang ke final dengan mengandaskan dua tim Italia yakni Juventus (penyisihan grup) dan Fiorentina (perdelapanfinal). Pada babak perempatfinal mereka menyisihkan finalis tahun lalu, Man.United (Inggris).

Santiago Barnabeu. Stadion ini adalah tempat digelarnya partai final Piala Dunia 1982 antara Italia vs Jerman dimana Italia menang dengan skor 3-1. Untuk klub, stadion ini pernah menjadi venue bagi tim asal Jerman maupun Italia pada partai final Liga Champion. Tahun 1957 Fiorentina takluk dari Real Madrid, 1969 AC Milan menaklukkan Ajax. Pada tahun 1980 tim Jerman, Hamburg SV takluk dari Nott. Forest (Inggris).

Absen di final. Inter tanpa Thiago Motta dan Bayern tanpa Frank Ribery. Keduanya absen setelah menerima kartu merah pada babak semifinal.

Top Skor. Striker Bayern, Ivica Olic sudah mengoleksi tujuh gol. Koleksi ini hanya kalah sebiji dari striker Barcelona, Lionel Messi yang sementara ini masih memimpin daftar top skor.

Ex pemain. Bek Inter, Lucio adalah ex pemain Bayern.

Samuel Eto'o. Pemain ini selalu mencetak gol bila bermain di final. Ini dilakukan saat masih membela Barcelona pada tahun 2006 saat menjebol gawang Arsenal (Inggris) dan tahun lalu ketika menumbangkan Man.United.

5 komentar:

iLLa

jadi siapa menang? eh belum main yak? haha.. pokokna sy dukung PSM sama MU, sama2 merah :P
tapi bukan 2 tim itu yg dibahas disini di?
tau ah, nda terlalu sy ikuti bola, etapi jadi ringtone ini sontreknya piala dunia di hapeku ^^

ocheholic

saya dukung diri saya sendiri la, hahhahahaha
--
semua laki2 disini kalo ngga maen PS ya ngobrolin bola,
sbg cewek yg idup di mayoritas cowok, saya sering terjajah,
ngga mudeng masalah bola2an soalnya, kikikiki

Billy

Mmg bgtulah cwe' sllu mengalah klo urusan sepakbola. Mace di rumah sj mengalah nda nntn sinetron klo tabrakan dgn siaran sepakbola :D

Nerazzurri

Yang kuat yang menang. 2-0 untuk Inter...

Willyo Alsyah P. Isman

mengunjungi sahabat di dingin nya malam....

Posting Komentar

Return top