Persamaan Matematik Untuk Blogspot


Ternyata posting persamaan matematika di blog tidak mudah. Artikel fungsi gamma dan fungsi beta yang saya posting beberapa hari yang lalu sebetulnya ingin saya posting bahkan sebelum Tia dan Noe diwisuda. Copas dari MS Word ternyata tidak dilegalkan oleh blogspot. Menjelajah ke blogny kendhin, mas jaloe, dll namun cara posting persamaan matematika tidak saya dapatkan. Masuk ke search engine Google yang muncul kebanyakan cara posting di wordpress. Untungnya ada beberapa panduan yang dapat digunakan untuk blogspot. Salah satu cara yakni dengan menyimpan file MS Word yang telah diketikkan persamaan matematika tersebut kedalam tipe web page sehingga tulisan kita menjadi file internet dengan satu folder pendukungnya, nah di folder pendukung inilah ekspresi matematika yang kita tulis di simpan dalam bentuk gambar. Kemudian untuk memposting persamaan matematik tersebut masukkan ke blog melalui insert picture. Panduan tersebut saya temukan di sini.



Cara lain adalah dengan menggunakan LaTex equation editor. Berikut beberapa alamat situs LaTex on line:

http://rogercortesi.com/eqn/index.php

http://www.numberempire.com/texequationeditor/equationeditor.php

http://www.codecogs.com/components/equationeditor/equationeditor.php

Walaupun sedikit lebih rumit, cara penggunaan LaTex hampir sama dengan equation pada MS Word. Untuk memasukkan persamaan cukup dengan mengklik simbol per simbol lalu website itu akan menggenerate persamaan dalam format gif atau format yg lainnya. Klik kanan image source persamaan itu, lalu masukkan ke dalam blog melalui insert picture.

Pada prinsipnya, cara pertama maupun kedua sama yakni mengubah persamaan menjadi bentuk gambar kemudian diupload ke blog melalui insert picture. Langkah yang cukup panjang dan merepotkan. Kepada rekan-rekan blogger yang punya info mengenai cara mudah untuk posting math equation (persamaan matematik), bagi ilmunya dong :( :D

3 komentar:

Arema

Hallo mas,
saya pernah belajar sedikit tentang MathML. Hasilnya lebih baik, karena bukan gambar, jadi bisa sejajar dan selaras dengan tulisan di blog. Silahkan lihat di blog saya.

Anonim

saya pake kaya ginian http://zholieh.wordpress.com/2011/01/24/posting-persamaan-matematika/

Info Math

salam matematika, gara gara masih terkendala cara post karakter matematika materimatematikaku masih sedikit, kebanyakan masih dalam gambar

Posting Komentar

Return top